Perbedaan Daun Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil

Tumbuhan dikotil dan monokotil masing-masing memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari perbedaan daun dan juga batang tumbuhan tersebut. Perbedaan daun dikotil dan monokotil dapat dibedakan menjadi perbedaan secara anatomi serta struktur morfologi, nah disini akan kita bahas tentang ketidaksamaan berdasarkan morfologinya.

Pada setiap jenis tumbuhan memiliki struktur mofologi daun yang tidak sama, oleh karena itu perbedaan tersebut dapat digunakan sebagai klasifikasi pada setiap jenis tumbuhan. Mari kita lihat selengkapnya pada uraian berikut:

Bentuk tulang daun pada tumbuhan dikotil adalah menyirip, ssebagai contoh dapat dilihat pada tanaman mangga, jambu, rambutan, dan sebagainya.

Yang kedua, tulang daun yang menjari pada tumbuhan dikotil, contohnya dapat dilihat pada tanaman pepaya, kapas, dan ketela pohon.

Pada tumbuhan monokotil, tulang daun berbentuk melengkung. Pada jenis tumbuhan ini bentuk tulang daunnya membentuk garis lengkung, misalnya pada tumbuhan genjer dan sirih.

Tulang daun yang sejajar pada tumbuhan monokotil, tulang daun membentuk garis-garis sejajar yang menyatu pada ujungnya. Contoh pada tanaman padi dan tebu.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang perbedaan daun pada tumbuhan dikotil dan monokotil, semoga membantu. Di lain kesempatan akan kita bahas mengenai perbedaan batang dikotil dan monokotil.

0 Response to "Perbedaan Daun Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil"

Post a Comment