Kelemahan Dan Kelebihan Persero/ PT/ Perseroan Terbatas

Kalau bicara tentang apa kelemahan dan kelebihan persero pastinya tidak terlepas dari apa itu pengertian PT atau perseroan terbatas. Kelebihan perseroan terbatas yang pertama adalah terbatasnya tangung jawab para pemegang saham terhadap hutang yang mungkin dimiliki oleh perusahaan.

Maksud dari tanggung jawab yang terbatas terhadap hutang perusahaan adalah jika perusahaan memiliki hutang dalam jumlah yang banyak, maka setiap penanam saham hanya ikut menanggung hutang yang besarnya sama seperti modal yang dia tanamkan.

Kelebihan PT yang lainnya yaitu mudahnya untuk menjual saham dan memindahkannya kepemilik yang baru, hal ini dapat dilakukan karena keberadaan persero tidak begitu terikat dengan beberapa pihak.

Persero juga dapat dengan mudah mengelola sumber-sumber modal dengan efisien dan apabila mendapati pengurusnya tidak memenuhi syarat maka dengan mudah pula dapat mencari penggantinya.

Sedangkan kelemahan persero sebagai badan usaha antara lain adalah biaya yang tinggi dalam proses pendiriannya. Sebuah PT memerlukan modal yang cukup besar untuk dapat berkembang menjadi perusahaan yang menguntungkan, tentu saja termasuk banyaknya modal dari para investor sangat menentukan kelangsungan persero tersebut dikemudian hari.

Persero selalu memberikan laporan rutin tentang perkembangan saham serta laba yang diperoleh kepada para investor. Hal ini merupakan salah satu kelemaha karena rahasia perusahaan menjadi tidak terlindungi dengan baik.

Kekurangan lainnya dari PT atau perseroan terbatas yaitu sulitnya mendapat ijin pendirian. Yang dimaksud disini adalah susahnya mengurus surat-surat yang diperlukan untuk memenuhi syarat sebelum persero didirikan.

0 Response to "Kelemahan Dan Kelebihan Persero/ PT/ Perseroan Terbatas"

Post a Comment