Ciri-Ciri & Contoh Paragraf Eksposisi

Jika anda mencari contoh paragraf eksposisi maka berikut ini akan disajikan satu jenis paragraf yang melengkapi beberapa paragraf sebelumnya yaitu paragraf narasi dan juga paragraf argumentasi. Dan kali ini yang akan kita bahas adalah satu contoh paragraf eksposisi sederhana.

Ciri-Ciri paragraf eksposisi adalah pemaparan yang sifatnya obyektif, tidak ada unsur-unsur subjektif. Maksud yang ingin disampaikan dari pemaparan paragraf eksposisi adalah menambah pengetahuan pembaca dan memberikan informasi yang menerangkan sejelas-jelasnya tentang apa yang dipaparkan.

Dalam menyampaikan apa yang dipaparkan, paragraf eksposisi sering juga menyertakan data-data akurat berupa gambar atau grafik untuk memperkuat apa yang disampaikan. Paragraf eksposisi diakhiri dengan kesimpulan dari apa yang disampaikan oleh penulis.

Contoh Paragraf Eksposisi

Memasak nasi adalah proses dimana beras yang berasal dari ladang dan dipetik oleh petani diproses dalam dapur masak. Tujuan memasak nasi adalah untuk memperoleh makanan pokok yaitu nasi putih, bera dimasak menggunakan peralatan dapur seperti kompor gas, periuk, serta peralatan pendukung seperti sendok nasi dan alat lainnya. Lama prose memasak nasi bergantung pada jenis beras yang dimasak, dengan memasak nasi maka akan diperoleh mekanan pokok yang dapat kita konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan pokok akan makanan.

0 Response to "Ciri-Ciri & Contoh Paragraf Eksposisi"

Post a Comment