Cara Merawat Bulu Kucing Persia

Cara Merawat Bulu Kucing Persia

Tulisan tentang tips merawat kucing persia ini saya buat karena terinspirasi setelah melihat seorang teman ada yang mempunyai kucing persia cantik banget. Beberapa cara merawat bulu kucing persia agar tidak rontok perlu diperhatikan bagi anda pecinta kucing persia. Karena beberapa faktor seperti lingkungan, jenis makanan, dan juga kondisi fisik yang berubah kadang menyebabkan bulu-bulu kucing menjadi rontok. Nah, kalau sudah begini, perlu ada perawatan khusus agar kerontokan tidak semakin menjadi.

Beberapa hal yang menyebabkan bulu kucing persia rontok antara lain karena faktor makanan, makanan yang terlalu banyak mengandung garam tidak baik untuk pertumbuhan kucing. Untuk itu jagalah selalu pemberian makanan yang seimbang, hindari memberi makan ikan asin karena akan membuat bulunya rontok. Usahakan nutrisi makanan tetap tercukupi meskipun kucing diberi makanan kemasan. Ingatlah bahwa kucing merupakan binatang karnivora, jadi kebutuhan sumber makanan hewani masih tetap harus diberikan, seperti ikan atau daging.

Selain makanan, perlu juga untuk melakukan evaluasi terhadap kondisi fisik kucing, terutama bulunya. Lakukan perawatan bulu mulai dari mencuci dengan shampo yang sesuai, menghilangkan kutu, serta menyisir bulu-bulunya agar tidak kusut. Dengan perawatan yang tepat maka kerontokan bulu pada kucing persia dapat diatasi.

Penting juga untuk memperhatikan kesehatan kucing, usahakan rutin memeriksakan kucing ke dokter hewan pada waktu-waktu tertentu misalnya sebulan sekali. Dengan kondisi kesehatan yang selalu dipantau, akan mengurangi resiko kucing terserang penyakit.

Pada masa-masa tertentu bulu kucing memang akan rontok dengan sendirinya, misalnya masa kelahiran anak. Yang bisa kita lakukan adalah merawat dan meminimalisir kerontokannya saja, biarkan masa kerontokan berlangsung sampai tuntas.

0 Response to "Cara Merawat Bulu Kucing Persia"

Post a Comment