Kebaikan Gula Merah [Manfaat Gula Jawa]

Sebelum membahas tentang kebaikan gula merah, mari kita sedikit memahami apa itu yang dimaksud gula merah atau sering juga disebut gula nira atau gula Jawa. Gula merah adalah jenis gula yang diperoleh dari hasil penapisan air nira pohon kelapa atau pohon aren.

Dibandingkan dengan gula paasir atau gula tebu, gula merah memiliki beberapa perbedaan serta keunggulan. Diantara perbedaan yang mencolok dari gula jenis ini adalah warnanya yaang kemerahan serta teksturnya yang berupa bongkahan-bongkahan besar.

Secara tradisional biasanya gula merah dibuat dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari tempurung kelapa. Sedangkan pada pengolahan yang lebih modern, biasanya menggunakan cetakan yang lebih halus.

Di antara beberapa faedah atau kebaikan gula merah untuk hidup sehat antara lain dapat dilihat pada daftar dibawah ini:

Gula Merah

Kebaikan Gula Merah untuk Kesehatan
1. Memiliki kandungan mineral.
2. Memiliki kandungan zat gula (sukrosa) yang lebih sedikit.
3. Sangat baik untuk meredakan gejala batuk yang dibarengi demam.
4. Untuk penderita penyakit typus, disarankan mengkonsumsi makanan awal gula merah.
5. Memiliki manfaat seperti madu lebah.
6. Memiliki kandungaan vitamin yang sangat baik untuk untuk diet, mengurangi panas pankreas, menguatkan jantung, membantu pertumbuhan gigi sehingga kuat.

Itulah diantara beberapa kebaikan atau keunggulan gula merah yang berkaitan dengan kesehatan. Untuk anda yang suka mengkonsumsi gula merah, sepertinya tidak menjadi masalah asalkan masih sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan.

1 Response to "Kebaikan Gula Merah [Manfaat Gula Jawa]"

  1. wahhh jadi tambah ni pengetahuan ane gan tentang Gula merah ,hehe

    ReplyDelete