Cara Menghindari Pencurian Uang Lewat ATM

Tutorial cara menghindari pencurian uang lewat ATM ini saya buat karena sekarang semakin banyak kejahatan yang terjadi dengan modus pencurian uang melalui mesin ATM. Kalau kita lihat berita di TV maupun media cetak, sepertinya kasus pencurian uang dengan membobol ATM terus meningkat.

Alangkah baiknya kalau kita bisa berwaspada dengan kemungkinan terburuk yaitu ATM kita di bobol orang. Mengingat hal tersebut, saya coba mencari informasi di internet tentang bagaimana cara mencegah pencurian uang di ATM dan ternyata menemukan tips yang sangat bermanfaat.

Berikut dua buah gambar yang memperlihatkan bagaimana si pencuri menjalankan aksinya untuk mencari sasaran untuk di bobol ATM-nya.


Pencurian Uang ATM
Pencuri memasang skimer dengan menempelkan alat perekam data pada card slot


Mencuri Uang Lewat ATM
Selanjutnya pencuri memasang spy kamera di sebuah tempat yang seolah-olah seperti kotak brosur 


Cara Menghindari Pencurian Uang Lewat ATM
Untuk menghindari pencurian uang melalui mesin ATM anda dapat mencoba tips-tips berikut:
  1. Sebelum menggunakan ATM, perhatikan dengan cermat apakah di mesin ATM ada alat yang mencurigakan atau terdapat benda asing yang warnanya mencolok dengan warna mesin ATM. Khususnya di bagian slot card, karena bagian inilah yang di incar para pencuri uang ATM. Jika anda ragu, silahkan tanyakan pada petugas bank.
  2. Perhatikan sekeliling anda, apa mungkin ada peralatan semacam kamera tersembunyi yang mengarah pada keypad mesin ATM.
  3. Jangan gunakan nomor PIN yang mudah di tebak seperti tanggal lahir misalnya.
  4. Jangan beritahukan PIN anda kepada siapapun.
  5. Apabila anda menggunakan layanan internet banking, hindari login melalui Wi-Fi atau warnet. Silahkan login hanya melalui koneksi internet pribadi anda.
  6. Apabila anda menggunakan layanan SMS banking, jangan lupa untuk menghapus sms yang berisi kode PIN anda setiap kali habis melakukan transaksi.

0 Response to "Cara Menghindari Pencurian Uang Lewat ATM"

Post a Comment