Definisi Komunikasi Politik Menurut Para Ahli

Artikel ini akan coba membahas tentang definisi komunikasi politik menurut para ahli atau pengertian komunikasi politik menurut para ahli dan juga sistem politik yang ditinjau dari beberapa pendapat para ahli politik

Kominikasi politik adalah suatu cara penyampaian aspirasi politik yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan, dan hal tersebut diartikan dalam ruang lingkup yang luas. Lalu apa saja perbedaan komunikasi politik dengan komunikasi biasa?

Yang membedakan antara komunikasi biasa dengan komunikasi politik adalah pada suara yang disampaikan, jika pada komunikasi politik suara yang disampaikan memiliki unsur politik. Selain itu media yang digunakan untuk menyampaikan komunikasi politik juga tidak sama dengan komunikasi biasa.

Sedangkan mengenai pengertian sistem politik terdapat beberapa macam definisi sistem politik dilihat dari pendapat para ahli. Berikut petikan definisi sistem politik menurut para ahli:

Menurut David Easton - Sistem politik merupakan alokasi nilai-nilai, dimana pengalokasian nilai-nilai itu bersifat paksaan atau dengan kewenangan, dan mengikat masyarakat secara keseluruhan.

Menurut Gabriel A. Almond - Sistem politik merupakan sistem interaksi yang terjadi di dalam masyarakat merdeka yang menjalankan fungsi integrasi untuk mencapai kesatuan dalam masyarakat dan fungsi adaptasi terhadap lingkungan, baik lingkungan dalam sistem sendiri maupun lingkungan diluar sistem.

Menurut Robert A. Dahl - Sistem politik adalah pola yang tetap dari hubungan-hubungan antar manusia yang melibatkan, sampai pada tingkat yang berarti, kontrol, pengaruh, kekuasaan, atau wewenang.

0 Response to "Definisi Komunikasi Politik Menurut Para Ahli"

Post a Comment