Biodata Sultan Hasanuddin

Biodata Sultan Hasanuddin atau biografi Sultan Hasanuddin ini adalah artikel yang akan membahas seputar tokoh Nasional Sultan Hasanuddin yang merupakan salah satu pahlawan Nasional Indonesia.

Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin adalah Raja Gowa yang ke-16 dan merupakan putera dari Sultan Malikussaid. Sultan Hasanuddin mempunyai nama lengkap I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe.

Kemudian dia mulai memeluk agama Islam sehingga mendapatkan gelar Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangkana, dia juga mendapat julukan Ayam Jantan Dari Timur karena keberaniannya dalam berperang.

Dalam masa perjuangan, Sultan Hasanuddin berperang melawan kompeni yang pada waktu itu berusaha merebut Gowa, setelah sebelumnya berhasil menaklukkan kerajaan-kerajaan kecil di wilayah Indonesia bagian timur.

Karena pihak kompeni mendapat bantuan tentara dari Batavia, akhirnya Sultan Hasanuddin bersama pasukannya terdesak, dan pada tanggal 16 Juni 1669 kompeni berhasil menerobos Benteng Sombaopu, yang merupakan benteng terkuat di Gowa.

Dan pada tanggal 12 Juni 1670 Sultan Hasanuddin wafat. Tulisan lain yang membahas tentang pahlawan nasional dapat dibaca pada artikel Biodata Tuanku Imam Bonjol, Biodata Sam Ratulangi, dan juga Biodata Budi Utomo.

0 Response to "Biodata Sultan Hasanuddin"

Post a Comment