Contoh Permasalahan Ekonomi Mikro Dan Makro

Permasalahan ekonomi adalah suatu hal yang umum terjadi, namun antara contoh permasalahan ekonomi mikro dan makro tidak sama dalam penanggulangannya. Sebelum kita membahas lebih lanjut, sebaiknya kita mengetahui dahulu apa itu pengertian ekonomi mikro dan pengertian ekonomi makro.

Arti ekonomi mikro atau perekonomian mikro adalah bagian-bagian terkecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian yang ada. Contohnya adalah suatu perusahaan, pasar, dan usaha pribadi.

Sedangkan ekonomi makro adalah kebalikannya yaitu kagiatan perekonomian nasional secara keseluruhan. Dalam hal ini sifatnya adalah menyeluruh tanpa melihat kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh bagian-bagian kecil ekonomi atau perorangan.

Contoh permasalahan ekonomi mikro misalnya masalah harga pasar, masalah komoditas tertentu, dan segala hal yang berkaitan dengan bagian kecil perekonomian. Demikian pula dengan contoh permasalahan ekonomi makro dapat kita ketahui antara lain misalnya banyaknya pengangguran, krisis ekonomi, lapangan kerja yang sempit, krisis nilai tukar mata uang, hutang luar negeri, kemiskinan, dll.

Demikian tadi sedikit pembahasan tentang contoh permasalahan ekonomi mikro dan makro yang mungkin dapat menambah wawasan kita tentang perekonomian.

0 Response to "Contoh Permasalahan Ekonomi Mikro Dan Makro"

Post a Comment