Contoh Pencemaran Air

Pencemaran air adalah fenomena yang saat ini mengancam kelestarian lingkungan dimana kita tinggal. Contoh pencemaran air sangat banyak, yang paling berbahaya adalah pencemaran air karena pembuangan limbah industri atau pengolahan bahan buangan yang kurang maksimal sehingga materi tersebut dapat mencemari lingkungan khususnya ir.

Pencemaran Air

Contoh limbah industri bisa berupa zat cair maupun bahan padat yang dibuang sembarangan sehingga akan mengakibatkan air terkontaminasi oleh bahan kimia didalamnya. Komponen pencemar yang paling sering ditemukan seperti bahan buangan berupa cairan berminyak, limbah sabun, limbah organik maupun non organik, bahan insektisida, dan juga zat radioaktif.

Contoh pencemaran air dapat kita lihat pada air danau atau sumber air yang terkontaminasi oleh zat limbah berbahaya sehingga mengakibatkan ekosistem didalam air menjadi terganggu. Dampak pencemaran air yang paling terasa adalah pada ketidak-seimbangan ekosistem dilingkungan yang tercemar, kualitas air menjadi menurun, serta dampak terhadap kesehatan lingkungan.

Untuk mencegah pencemaran air semakin meluas, maka perlu adanya penanggulangan terhadap pencemaran air. Penanggulangan tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu penanggulangan teknis dan penanggulangan non teknis.

Penanggulangan teknis meliputi tindakan dari perusahaan yang memproses limbah bahan pencemar, misalnya dengan melakukan pengolahan terhadap limbah, mengubah proses industri sehingga dampak dari limbah dapat berkurang, serta menambah peralatan untuk mengurangi bahan pencemar.

Sedangkan penanggulangan non teknis adalah dengan memberlakukan sistem perundang-undangan yang dapat mengatur serta mencegah pencemaran air meluas dan mengawasi segala proses industri pengeluar bahan limbah.

Demikianlah ulasan mengenai contoh pencemaran air serta dampak pencemaran air terhadap lingkungan.

0 Response to "Contoh Pencemaran Air"

Post a Comment