Contoh Komponen Aktif Dan Pasif [Elektronika]

Artikel kali ini akan membahas tentang contoh komponen aktif dan pasif pada pelajaran elektronika. Tulisan ini terinspirasi dari pertanyaan seorang teman yang sedang mengerjakan tugas dari sekolah mengenai apa saja macam komponen pasif dan juga komponen aktif. Karena saya sudah lama tidak membuka buku, jadi yang saya andalkan hanyalah ingatan dan sedikit membaca info dari internet.

Pengertian Komponen Aktif :: Pengertian Komponen Pasif
Dalam bidang elektronika dikenal dua jenis komponen yaitu komponen aktif dan komponen pasif, yang membedakan diantara keduanya adalah jika komponen aktif dalam pemakaiannya memerlukan sumber tegangan agar dapat bekerja.

Sedangkan komponen pasif dalam pemakaiannya tidak memerlukan sumber tegangan sendiri. Meskipun kedua jenis komponen ini memiliki perbedaan yang sangat kentara, namun dalam penerapannya antara komponen aktif dengan komponen pasif harus dipakai secara bersamaan sesuai fungsi masing-masing.

Contoh Komponen Aktif
Beberapa contoh komponen aktif dapat kita jumpai misalnya resistor, capasitor, relay, dioda, kumparan, dan sebagainya.

Contoh Komponen Pasif
Sedangkan beberapa contoh komponen pasif yaitu transistor, tranducer, IC (integrated circuit), dan juga sensor.

Itulah sedikit pembahasan mengenai apa saja contoh komponen elektronika aktif dan pasif, semoga dapat membantu teman-teman semua.

3 Responses to "Contoh Komponen Aktif Dan Pasif [Elektronika]"

  1. Kapasitor bukannya aktif ya?

    ReplyDelete
  2. komponen pasif : resistor, capasitor, induktor
    komponen aktif : IC, transistor, etc

    ReplyDelete