Cara Mengolah Kulit Manggis

Buah manggis, ternyata selain dapat dikonsumsi buahnya ada manfaat lain dari buah manggis yaitu kulitnya. Dengan mengetahui cara mengolah kulit manggis atau cara mengolah kulit buah manggis untuk obat maka kita dapat memanfaatkan kulit dari buah manggis.

Kulit manggis dapat digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit ringan seperti sariawan atau disentri. Cara mengolah kulit manggis juga sederhana, cukup dengan peralatan tradisional maka kita akan memperoleh obat dari ramuan kulit manggis.

Untuk menggunakan kulit buah manggis sebagai obat sariawan caranya yaitu ambil dua buah manggis, ambil kulitnya kemudian dicuci bersih. Kemudian kulit manggis tadi dipotong-potong dan direbus dengan satu liter air sampai tinggal sekitar satu gelas air rebusannya. Air rebusan tadi kemudian disaring dan diminum rutin dua kali sehari, kalau perlu dapat dicampurkan dengan madu.

Sedangkan cara mengolah kulit manggis untuk obat disentri yaitu ambil kulit buah manggis kemudian dipotong-potong dan direbus dengan satu liter air dan biarkan hanya tinggal sekitar setengah gelas air rebusannya. Selanjutnya air rebusan kulit manggis tadi disaring dan diminum rutin dua kali sehari sampai penyakit berangsur sembuh.

2 Responses to "Cara Mengolah Kulit Manggis"

  1. ok trimakasih saya coba

    ReplyDelete
  2. saya sdh coba , tapi sulit mendapatkan dan menghilangkan rasa pahit getarnya

    ReplyDelete