Tips Sederhana Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi

Tips Sederhana Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi - Mungkin Anda pernah mengalami masalah dengan keyboard Anda, keyboard komputer atau keyboard notebook yang tidak berfungsi dengan semestinya. Masalah yang sering timbul pada keyboard adalah keyboard terasa keras ketika digunakan untuk mengetik. Bahkan pada kerusakan yang berat, tombol keyboard benar-benar tidak berfungsi.

Untuk mengatasi kerusakan keyboard seperti ini sebenarnya tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Jika kita dapat menciptakan ide kreatif, maka permasalahan pada keyboard dapat diselesaikan.

Sebelum melakukan perbaikan pada keyboard, perlu diketahui dulu beberapa hal yang dapat menyebabkan keyboard rusak, diantaranya adalah akibat udara ruang yang lembab, terkena debu, dan keyboard terkena air.

Ciri-ciri keyboard yang rusak adalah adanya bunyi 'beep' ketika komputer/ laptop dinyalakan. Kerusakan terjadi pada lapisan karbon bagian dalam keyboard, bagian inilah yang akan kita perbaiki.

Pertama, tentukan tombol keyboard yang mengalami kerusakan. Kemudian buka papan plastik pada tombol tersebut dengan menggunakan pisau. Bagian bawah tombol itu akan ada lapisan karet berbentuk lingkaran yang terhubung dengan papan PCB dibawahnya.

Tugas kita selanjutnya adalah membersihkan lapisan karet yang mengandung karbon tersebut, juga bersihkan papan PCB. Kalau dirasa cukup, pasang kembali papan plastik. Dengan tips ini maka keyboard dapat berfungsi kembali.

4 Responses to "Tips Sederhana Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi"

  1. mw nanya nih KK, keyboard awal na semua tombol bagus, cuma karetnya sj yg kalah. trus sy bongkar keyboard untuk mngganti karet tombol yg robek. setelah karetnya sudah bagus dan dipasang kembali seperti semula, koq tiba2 tombol 3,e,d,dan c tidak brfungsi. mohon pencerahannya KK. thank's
    NB: konektor sudah terpasang dgn baik dan rapat

    ReplyDelete
  2. mana bagian2nya gan....

    ReplyDelete
  3. Mw nananya jga nih kak,
    keyboard notebook sya error di tombol spasinya.
    tmbol spasinya seperti ada yang menekan terus-menerus..
    terus jika di kombinasikan tombol Q,A,Z dan X dengan shift dan Ctrl tdak berfungsi.
    sebelumnya keyboardnya habis minum coca-cola..
    Tolong pencerahannya kak..

    ReplyDelete
  4. @Muh. Iqbal Arighi Alfarisi: kemungkinan itu karena terkena air tadi, jadi bagian dalam aus. coba dibuka dan dibersihkan, kalau perlu diganti aja bagian rubbernya.

    ReplyDelete