Contoh Ungkapan Dan Artinya

Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kadang kita masih menggunakan contoh ungkapan dan artinya atau suatu kalimat yang berupa ungkapan. Bahkan karena kata-kata ungkapan tersebut sudah sangat umum dipakai maka hampir tidak ada bedanya dengan kalimat biasa.

Contoh ungkapan dapat kita temui baik dalam bahasa lokal maupun ungkapan bahasa Inggris. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah ungkapan dalam bahasa Indonesia. Ada terdapat banyak sekali ungkapan bahasa Indonesia yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, dan berikut beberapa contohnya:

banting tulang : kerja keras
gulung tikar : bangkrut
angkat kaki : pergi
naik pitam : marah
buah bibir : topik pembicaraan
angkat tangan : menyerah
meja hijau : pengadilan
buah tangan : oleh-oleh
kutu buku : orang yg suka baca buku
kepala dingin : tenang

Beberapa kata-kata ungkapan diatas merupakan contoh ungkapan yang sangat sering kita jumpai penggunaannya dalam percakapan sehari-hari. Pada lain kesempatan kita akan melanjutkan pembahasan tentang ungkapan yaitu contoh ungkapan bahasa Inggris dan artinya.

UPDATE: Karena banyak yang bilang masih kurang maka silahkan melihat pada komentar teman-teman dibawah untuk mengetahui kekurangan contoh ungkapannya, semoga dapat melengkapi tugas yang sedang kalian kerjakan:



60 Responses to "Contoh Ungkapan Dan Artinya"

  1. sedikit sekali ungkapannya...gk seru nih.

    ReplyDelete
  2. kurang banyak..
    ada angin segar, berkas hitam, durian runtuh..
    sy lg cari artinya nih..

    ReplyDelete
  3. ada kepala dingin gak???

    ReplyDelete
  4. coba ditambah donk, ungkapannya!

    ReplyDelete
  5. kepala dingin = tenang dan sabar

    ReplyDelete
  6. Kurang lengkap, aku lg nyari arti MERUSAK HATI, MERACUNI HATI, MERAJUT BADAN, dan MEREMAS PERUT..

    ReplyDelete
  7. kurang banyak......tambah lagi donk!!!!!!

    ReplyDelete
  8. baNYAKIN LG DONKKKKKKKKKK PLEASE

    ReplyDelete
  9. lewat belakang = ?
    Jalan ssetapak= ?
    ujung tomabk= ?
    hidung belang= ?
    jalan pintas= ?
    sakit hati= ?
    mulut manis= ?
    makan hati= ?
    besar kepala= ?
    bunga desa= ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong jawab kata ungkapan ini..

      Delete
  10. itu km anonymous said
    jalan pintas mah jalan alternatif
    besar kepala sombong
    maenya nu kitu teapal ngeraken ihhh

    ReplyDelete
  11. bunga desa=gadis desa
    hidung belang=orang yg ingkar janji

    ReplyDelete
  12. buah hati
    lapang dada
    keras kepala
    naik daun
    kaki tangan
    keras hati
    buah pena
    darah biru
    ringan mulut

    ReplyDelete
  13. Makasih y
    Walaupun dikit tapi bermanfaat
    Sekali lagi terimakasih y kk

    ReplyDelete
  14. jatuh namanya?
    setengah jalan?
    patuh hukum?
    garis depan?
    turut minum?
    unjuk gigi?
    berhati baja?

    ReplyDelete
  15. a. Ungkapan dengan bagian tubuh
    kecil hati = penakut
    tebal muka = tidak mempunyai rasa malu
    b. Ungkapan dengan kata indra
    perang dingin = perang tanpa senjata, hanya saling menggertak
    uang panas = uang yang tidak halal
    c. Ungkapan dengan nama warna
    1) lampu merah = isyarat yang membahayakan
    2) masih hijau = belum berpengalaman
    d. Ungkapan dengan benda-benda alam
    1) kabar angin = berita yang isinya belum jelas
    2) bintang lapangan = pemain terbaik
    e. Ungkapan dengan nama binatang
    1) kambing hitam = orang yang disalahkan
    2) kuda hitam = pemenang yang tidak diunggulkan
    f. Ungkapan dengan bagian-bagian tumbuhan
    1) sebatang kara = hidup seorang diri
    2) naik daun = mendapat nasib baik
    g. Ungkapan dengan kata bilangan
    1) berbadan dua = sedang mengandung
    2) diam seribu bahasa = tidak berkata sepatah kata pun

    ReplyDelete
  16. @ Ratna Asteria: thanks ya, udah nambahin, hehe.

    ayo siapa lagi yg punya koleksi ungkapan? share disini donk..

    ReplyDelete
  17. ada kepala beku nggak?
    hahahahhahaha..........

    ReplyDelete
  18. hanya sgini nih??? sdikit amet dah!!!

    ReplyDelete
  19. masih kurang banyak tapi udh lumayan makasih ya ka

    ReplyDelete
  20. masih kurang ungkapannya tambahin lagi donk
    aku lagi cari arti kata tangan dingin

    ReplyDelete
  21. Bogem Mentah = Pukulan
    Gula-gula = Wanita Simpanan
    Berat Hati = Tidak Ihklas
    Mata Hati = Hati Nurani
    Kulit Badak = Tidak tau malu
    Batu Loncatan= Teman yg setia membantu
    Mencium tanah= Terjatuh
    Kaki tangan = Orang suruhan
    Tangan Kanan = Orang Kepercayaan

    ReplyDelete
  22. gor sa'mono po ????????????/

    ReplyDelete
  23. anak emas?
    anak bawang?

    ReplyDelete
  24. lurus hati ?
    semata wayang ?
    tangan terbuka ?
    panjang lebar ?
    ringan tangan ?

    ReplyDelete
  25. kurang banyak mun tiasa mah seeran


































































































    ReplyDelete
  26. batu cincin?
    Pinang sebatang?
    Dingin hati?
    Jalan gelap?
    Menjual suara?
    Akal lurus?
    Makan tanah?
    Naik tangan?
    Nyawa ikan?
    Panjang bibir?

    ReplyDelete
  27. kurang banyak banget nih

    ada tugas

    disuruh cari 20 ungkapan

    ReplyDelete
  28. seharusnya ungkapan'a dari sampe z :)

    anak emas : anak kesayangan
    bersilat lidah : memutar balikan kata kata
    besar kepala : sombong
    buah bibir : menjadi pembicaraan orang
    buah tangan : oleh oleh
    darah biru : orang bangsawan
    darah dingin : sabar
    gigit jari : kecewa
    gulung tikar : bangkrut
    kepala dingin tenang / sabar

    ReplyDelete
  29. bapak angkat?
    beli kucing dalam karung?
    buku putih?
    hitam putih?
    dari hati ke hati?
    daftar hitam?
    empat mata?
    estafet kepemimpinan?
    tangan dingin?

    ReplyDelete
  30. dikit amat?ada lagi gak soal na aku disuruh cari 50 kata ungkapan dengan artinya:d!please!!!!!!!!!!!!!!.

    ReplyDelete
  31. sebutkan 50 kata ungkapan..??

    ReplyDelete
  32. cinta buta : cinta yang berlebihan
    berbuah manis : hasil yang memuaskan

    ReplyDelete
  33. panjang lidah ?
    buah pena ?
    kepala udang ?
    makan hati ?
    buah pikiran ?
    ringan mulut ?
    lurus hati ?
    apa ya itu arti nya,,tolong jawab sekarang aku lagi butuh banget
    .cepet ya !!!!!!!

    ReplyDelete
  34. tolong dooong kasih kata ungkapan yg ber awalan S 15 aj kok,,, buat tugas besok,,, pleeeeeeasss sekarang jwb ya....

    ReplyDelete
  35. tq ya min uda ngasi walau dikit
    @ratna juga tq uda nambahin

    ReplyDelete
  36. mdd haruskah 10.. 20 kekk

    ReplyDelete
  37. ..............................................................

    ReplyDelete
  38. dikit banget,minta 50 dong,tinggi hati?rendah hati?ringan tangan?

    ReplyDelete
  39. apa lagi nich?bermuka dua?beli kucing dalam karung?

    ReplyDelete
  40. muka tembok=
    buah pena=
    semata wayang=
    besar hati=
    sakit hati=

    ReplyDelete
  41. Banting Harga?
    Mati Kutu?
    Kaki Tangan?
    Makan Asam Garam?

    ReplyDelete
  42. arti dari kata pasir padi itu apa.............?

    tolonh artikan dunkz.

    ReplyDelete
  43. thank you ya (y) good

    ReplyDelete
  44. batu gajah..
    mati suri..
    tangan kanan..
    dst,,,

    ReplyDelete
  45. lewat belakang?
    jalan setapak?
    ujung tombak?
    banting tulang?
    tangan panjang?
    rendah hati?
    panjang usus?

    ReplyDelete
  46. putih hati appah kk ?

    ReplyDelete
  47. jatuh semangat ?
    kepala angin ?
    kehilangan muka ?

    ReplyDelete
  48. apa artinya kepala usang?

    ReplyDelete
  49. Kalo tangan dingin ?

    ReplyDelete
  50. kurang banyak aku disuruh 80 ungkapan @a_inuzzahro

    ReplyDelete
  51. aku kak.. maaf saya gak punya!!
    lagi belajar juga nih,, makasih udah banyak ungkapan jadi aku bisa ngerjain tugas ;)

    me #enamSD

    ReplyDelete
  52. thanks yaa kakak ;)
    aku sekarang jadi hafal ungkapan" .. dan aku bisa ngerjain tugas aku :)
    kalau bisa peribahasa juga donk kak

    ReplyDelete