Morfologi Serangga

Sebelum membahas morfologi serangga, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu serangga. Serangga atau nama latin-nya Insecta adalah binatang beruas yang memiliki kaki 3 pasang. Banyak sekali jenis serangga di dunia ini, rata-rata dari binatang ini memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi, dan merupakan hewan berukuran kecil yang pertama kali sukses membuat kolonisasi di bumi.

Sebelum dewasa, serangga mengalami serangkaian metamorfosis dengan beberapa kali pergantian kulit. Mulai dari telur, anak serangga, hingga akhirnya menjadi serangga dewasa.

Kalau dilihat dari segi morfologi, tubuh serangga yang sudah dewasa dapat dibedakan menjadi tiga bagian utama, sementara bentuk pradewasa biasanya menyerupai moyangnya, hewan lunak beruas mirip cacing. Ketiga bagian tubuh serangga dewasa adalah kepala (caput), dada (thorax), dan perut(abdomen).

Demikian sedikit pembahasan tentang morfologi serangga, mungkin ada yang berminat melihat salah satu contoh serangga yang cukup unik, silahkan membaca tulisan terdahulu tentang Kumbang Tanduk. Sekarang saya masih mengumpulkan referensi yang lengkap mengenai ordo-ordo serangga.

0 Response to "Morfologi Serangga"

Post a Comment