Kumbang Badak/ Kumbang Tanduk

Kumbang badak atau kumbang tanduk adalah binatang unik yang biasa ditemukan diladang dan kebun sekitar rumah kita. Binatang ini diklasifikasikan ke dalam ordo Coleoptera, famili Scarabidae dan subfamili Dynastinae, nama latin kumbang tanduk adalah Oryctes rhinoceros. Masih ada lagi beberapa spesies kumbang badak misalnya kumbang badak Jepang.

Kumbang Badak/ Kumbang Tanduk

Kumbang Badak/ Kumbang Tanduk

Siklus hidup kumbang tanduk ini bergantung dari habitat lingkungan hidupnya. Kumbang tanduk berkembang-biak dengan bertelur dan kemudian menetas menjadi larva. Kumbang tanduk dewasa merupakan hama bagi tanaman seperti kelapa sawit, para petani biasa memberantas populasi kumbang tanduk atau kumbang badak dengan penyemprotan insektisida.

Bagi para pecinta binatang unik, kumbang tanduk merupakan hewan yang cukup menarik untuk dipelihara. Meskipun perawatan binatang ini cukup susah, banyak yang rela meluangkan waktu untuk memelihara dan mengembangbiakkan kumbang tanduk dengan serius. Kalau menurut saya, binatang ini termasuk gampang-gampang susah, kalau kita tidak menginginkannya, kadang menemukan kumbang badak ini dengan tidak sengaja.

0 Response to "Kumbang Badak/ Kumbang Tanduk"

Post a Comment