Pengertian Biosfer

Banyak teman-teman saya yang menanyakan tentang apa pengertian biosfer, juga pengertian biosfer menurut para ahli. Karena saya sudah lama meninggalkan bangku sekolah jadi agak lupa dengan mata pelajaran yang satu ini. Saat mencari referensi di internet, saya menemukan artikel yang membahas tentang definisi biosfer atau arti biosfer yaitu di Wikipedia.

Nah, berikut ini petikan artikelnya:
Biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. 
Dalam pengertian luas menurut geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) 
Bumi.Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui yang mendukung kehidupan. Biosfer dianggap telah berlangsung selama sekitar 3,5 miliar tahun dari 4,5 miliar tahun usia Bumi.
Demikian artikel tentang biosfer yang dapat saya sampaikan, sebenarnya masih belum lengkap karena masih ada bagian penting lainnya yaitu pengertian biosfer menurut para ahli. Kalau teman-teman memiliki referensi yang lebih lengkap, silahkan menambahkan.

0 Response to "Pengertian Biosfer"

Post a Comment