Arti Nama Seseorang

Arti nama seseorang bisa merupakan ciri dari orang yang memiliki nama tersebut. Kalau jaman dulu orang memberikan nama kepada anaknya biasanya memiliki arti atau tujuan tertentu, misalnya anaknya diberi nama Ngajio (bahasa Jawa) yang artinya kalau dalam bahasa Indonesia mengajilah. Jadi secara tidak langsung si orang tua mengingatkan sang anak agar senantiasa mengaji atau selalu dijalan yang diridhoi Allah.

Nama-nama yang memiliki arti tertentu biasanya ada unsur kedaerahan, karena saya orang Jawa maka yang saya ketahui nama-nama yang berkaitan dengan istilah Jawa seperti Slamet artinya selamat, Ana Margiyanti artinya ada dijalan (pas melahirkan waktu sedang dalam perjalanan), Pawiro Wage artinya perwira yang lahir dihari Wage (pasaran Wage), dan lain-lain.

Ada juga orang jaman dulu yang mengganti nama anak mereka karena di anggap si anak tidak kuat membawa nama tersebut. Biasanya kalau si anak sering sakit-sakitan diwaktu masih kecil, orang tua akan mengganti nama anaknya, dan ajaibnya si anak sembuh setelah menyandang nama barunya. Itulah sedikit ulasan tentang arti nama seseorang.

0 Response to "Arti Nama Seseorang"

Post a Comment